KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI (INTERPERSONAL COMMUNICATION)

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI
(INTERPERSONAL COMMUNICATION)

Disusun untuk memenuhi tugas Ujian tengah semester

1. Komunikasi antar pribadi dilihat dari prosesnya, tidak sama dengan sekedar komunikasi tatap muka antar dua orang. Jika demikian, jelaskanlah berdasarkan pengertian komunikasi antar pribadi menurut anda apakan pengumuman yang disampaikan oleh bapak presien Susilo Bambang Yudhoyono bahwa salah satu syarat calon wapres adalah harus dapat diterima oleh mayoritas kelompok dan penduduk Indonesia yang dipublikasikan oleh media masa termasuk komunikasi antar pribadi? lanjut

 Ya, komunikasi tidak hanya sekedar komunikasi tatap muka antara dua orang tetapi interpersonal communication harus memiliki umpan balik, intraksi, dan koherensi antara kominikator dengan komunikan. Pengumuman yang disampaikan oleh presiden SBY melalui media masa tidak termasuk komunikasi antar pribadi karena menurut Steward L.Tubbs dan Sylvia Mass mengatakan bahwa ciri-ciri interpersonal communication adalah:

a. Peserta komunikasi berada dalam jarak yang dekat

b. Peserta komunikasi mengirim dan menerima pesan secara simultan dan spontan baik secara verbal maupun nonverbal
Komunikasi antar pribadi menurut Agus M. Hardjana dalam bukunya komunikasi intrapersonal & komunikasi antarpersonal memiliki tiga prilaku mendasar, yaitu:

a. Prilaku spontan (spontaneus behaviour) maksudnya adalah prilaku yang dilakukan karena desakan emosi dan tanpa sensor serta revisi secara kognitif.
Pengumuman SBY melalui media masa tidak mamiliki timbal balik respon yang secara spontan dan langsung.

b. Prilaku menurut kebiasaan (script behaviour) adalah prilaku yang kita jalani sesuai kebiasaan kita, misal dalam bentuk verbal mengucapkan apa kabar ketika pertama bertemu atau selamat tinggal ketika ingin berpisah. Sedangkan dalam bentuk nonverbal sepeti berjabat tangan atau berpelukan. Prilaku semacam itu sering terjadi tanpa adanya pertimbangan.

c. Prilaku sadar (contived behaviour) adalah prilaku yang dipilih karena dianggap sesuai dengan situasi yang ada.

Komunikasi antar pribadi mempunyai ciri-ciri yang tetap sebagai berikut:
• Komunikasi interpersonal adalah verbal dan nonverbal
• Komunikasi interpersonal mencakup perilaku tertentu
• Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang berproses pengembangan
• Komunikasi interpersonal mengandung umpan balik, intraksi, dan koherensi
• Komunikasi interpersonal berjalan menurut peraturan tertentu
• Komunikasi interpersonal adalah kegiatan aktif
• Komunikasi interpersonal saling mengubah

Cara berkomunikasi SBY via media masa tidak termasuk komunikasi antar pribadi karena pengertian komunikasi antar pribadi itu sendiri adalah ”interaksi tatap muka antara dua orang atau beberapa orang dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menanggapi secara langsung pula.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan kita berbagai kenikmatan rohani maupun jasmani, dan juga selalu memberikan akal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Shalawat dan salam selalu kita persembahakan kepada teladan, pemimpin dan penyelamat kita kelak Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat. Terima kasih kepada Head Coorperation Communication ANTV yang telah bersedia memberikan waktunya untuk bersedia di wawancara dan Kami berharap dengan tugas ini Kami dapat mengambil pengetahuan dari proses kegiatan public relation di ANTV.

Dalam laporan ini kami akan memaparkan dan menjelaskan tentang penelitian, obsevasi dan riset serta apa saja yang telah kami lakukan pada kegiatan public relations di ANTV untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Public Relation.

Sistematika pertanyaan

  • Bagaimana sejarah Antv?

  • Apa visi dan misi atasiun televise ini?

  • Bagaimana struktur humas dalam stasiun televise Antv ini?

  • Bagaimana peran humas untuk menjaga citra positif dalam masyarakat?

  • Apa tugas humas di Antv?

  • Apa tujuan humas di Antv?

  • Bagaimana proses dan apa metode humas dalam stsiun televisi ini?

  • Bagaimana dengan bagian humas seperti marketing, periklanan dan sponsorship dalam stasiun tv ini?

  • Apakah Antv memiiliki konsultan-konsultan humas dan apa tugas mereka?

  • Mengenai anggaran humas, bagaimana penanganannya di Antv ini sendiri?

PENDAHULUAN

Dilihat dari perkembangan sejarahnya, berkomunikasi untuk mempengaruhi cara pandang dan perilaku seseorang sudah dimulai sejak dahulu kala. Dari situs – situs yang ditemukan oleh para arkeologis di Irak pada abad 18, tampak bahwa usaha melakukan hal ini sudah dilakukan. Pada masa Yunani dan di abad pertengahan masa kejayaan Romawi, ide mengenai opini publik sudah muncul. Hal ini tampak pada slogan Vox Populi, Vox dei (the voice of the people is the voice of God). Public Relations sudah mulai digunakan berabad – abad lalu di Inggris. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya konsep memerlukan pihak ketiga sebagai fasilitator komunikasi dan penyelarasan antara pemerintah dan rakyatnya.

Kegiatan public relations merupakan salah satu hal yang penting dalan suatu organisasi atau perusahanaan. Public relations menciptakan citra yang baik baik di dalam maupun di luar organisasi atau perusahaan. Dalam aktivitasnya public relations mengemban tugas penting dalam suatu perusahaan yakni komunikasi, publisitas, promosi, dan masih banyak lagi.

Pada suatu perusahaan dibutuhkan manajemen untuk mengontrol opini public demi menciptakan citra baik bagi perusahaan. Antv adalah salah satu stasiun televisi yang menduduki peringkat lima besar. Ruang lingkup penyiaran Antv lebih memegang sara komedi dan sport. Sering kita lihat program sinetron menjamuri pertelivisian. Lalu mengapa Antv tidak??? Inilah yang menarik dari stasiun televisi Antv. Sejak sepuluh tahun terakhir Antv memegang program sport terbesar di Indonesia, sehingga Antv tidak membeo seperti stasiun tv lainnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan mahasiswa dalam dunia lapangan kerja. Penelitian ini juga dimaksudkan agar mahasiswa dapat meninjau apakah lapangan kerja sama seperti  teori yang sudah dipelajari.

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

Profil Wajah Baru Antv

Sekilas Sejarah ANTV

Antv hadir membawa cakrawala baru dunia pertelevisian Indonesia. Berdiri sejak tanggal 1 Januari 1993 Antv tampil dengan beragam kreasi dan inovasi tayangan televisi yang memikat.

Mulanya Antv adalah stasiun televisi lokal yang siaran di wilayah Lampung dan sekitarnya. Dengan izin siaran lokal itu Antv mengudara selama lima jam sehari. Tanggal 18 Januari 1993 Antv mendapat izin siaran nasional melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04A/1993. Sepuluh hari setelah izin tersebut keluar antv mengudara secara nasional. Studio Antv yang semula berada di Lampung dipindahkan ke Jakarta.

Tepat tanggal 1 Maret 1993 Antv untuk pertama kalinya memproduksi program sendiri berupa liputan berita aktual jalannya Sidang Umum DPR/MPR. Saat itu Antv berhasil melakukan siaran langsung meliput jalannya kegiatan penting kenegaraan. Momen istimewa itu yang kini dijadikan sebagai hari jadi Antv.

Dalam perjalanan usahanya Antv banyak mengalami perkembangan. 30 September 2005 Antv berhasil menjalin kerjasama  strategis dengan jaringan televisi dunia STAR. Kerjasama ini ditandai dengan masuknya 20% saham STAR ke Antv. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan bergabungnya STAR mengantarkan Antv tampil sebagai salah satu stasiun televisi nasional yang mempunyai jaringan terluas di tingkat dunia.

Hingga tahun 2008 ini Antv memiliki 24 stasiun relay yang tersebar di beberapa daerah potensial. Antv mampu menjangkau 155 kota dan dapat dinikmati oleh lebih dari 130 juta pemirsa. Dengan demikian Antv menjadi stasiun televisi keempat yang memiliki daya jangkau siaran terluas, diterima oleh pemirsa Indonesia.

Berkat kerja keras seluruh karyawan Antv yang berpengalaman di dunia penyiaran dan juga sistem menejemen modern Antv berhasil meraih beberapa penghargaan tingkat nasional maupun internasional. Tingkat nasional, Antv berhasil meraih sejumlah penghargaan dari Panasonic Award, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Award, Festival Sinetron Indonesia (FSI), Museum Rekor Indonesia (MURI), KPI Award, Lembaga Sensor Film (LSF), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dan lain-lain.

Adapun penghargaan tingkat internasional yang pernah diraih antv di antaranya tiga penghargaan dari Asian Television Award untuk kategori Best Sport Program dan Best News Program.

Visi dan Misi ANTV

Menjadi stasiun TV yang berkelas dunia yang dibuat untuk Indonesia, oleh Indonesia, memberikan kepada stakeholder pelayanan terbaik dari segi kualitas, kreatifitas dan berbeda dengan stasiun TV lainnya.

Filosofi Logo ANTV

Logo Antv merupakan kombinasi dari dua kekuatan yang saling melengkapi, yaitu STAR dengan pengalaman internasionalnya dan Antv dengan pengetahuan dan keahlian lokalnya.  Perpaduan logo STAR dengan kotak channel dan logo Antv yang sudah ada kedalam bentuk dan format yang unik.  Pancaran yang tebal dan berwarna merah menggambarkan kekuatan dan kepercayaan diri kami menuju masa depan yang gemilang, yang memperlihatkan Antv dipersembahkan sebagai kebanggaan Indonesia.

Warna putih melambangkan tekad Antv menjalankan usaha ini berdasarkan azas ketentuan yang berlaku dilandasi nilai-nilai kejujuran, ketulusan, serta menjunjung tinggi integritas bangsa.

Jajaran Direksi

Presiden Direktur

:  Anindya N. Bakrie

Direktur News, Sports & Corporate Communications

:  Haji Azkarmin Zaini

Direktur Keuangan

:  Rajan Puri

Direktur

:  Robertus Bismarka Kurniawan

Direktur Non Eksekutif

:  Wimar Witoelar

Chief Executive Officer

:  Dudi Hendrakusuma Syahlani

Program Antv

Sejak April 2002 Antv melebarkan sasaran pemirsa. Semula  target utama program-program Antv ditujukan untuk anak-anak remaja (teenager), kini  Antv membidik keluarga sebagai target utama pemirsanya.

Stasiun Pemancar

No. Lokasi Frekuensi

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12

Medan
Lampung
Jakarta
Bandung
Semarang
Yogyakarta
Surabaya
Malang
Denpasar
Makasar
Pelembang
Pekanbaru

29 UHF
30 UHF
47 UHF
58 UHF
25 UHF
30 UHF
24 UHF
44 UHF
25 UHF
25 UHF
26 UHF
44 UHF

No.

Lokasi

Frekuensi

13.
14.
15.
16.
17. 18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.

Padang
Magetan
Kediri
Purwokerto
Cirebon
Garut
Manado
Banjarmasi
Jambi
Pontianak
Batam
Mataram

45 UHF
36 UHF
55 UHF
37 UHF
42 UHF
20 UHF
40 UHF
40 UHF
25 UHF
41 UHF
53 UHF
24 UHF

Jangkauan siaran Antv lebih luas lagi karena dapat dinikmati melalui parabola digital melalui jaringan Kabelvision dan Telkomvision.

SDM

Kami sadar bahwa sumber daya manusia merupakan faktor sentral dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, Antv terus meningkatkan kemampuan tenaga profesional, dengan memberikan kesempatan berupa program-program pelatihan dan penghargaan bagi karyawan-karyawan berprestasi agar memenuhi kualifikasi sebagai awak televisi yang berkemampuan berstandar internasional.

HUMAS DAN AKTIVITASNYA

Struktur Humas Antv

Peran Humas dan Aktivitasnya

Suatu perusahaan pasti memiliki humas atau public relations. Antv menggunakan humas atau lebih dikenal corporation communication. Saat ini sudah jarang sekali perusahaan yang menggunakan istilah humas atau public relation diperusahaannya. Kami mempelajari diperkuliahan  bahwa humas atau public relation membawahi marketing, periklanan dan sponsoring. Tetapi dilapangan kami mamperoleh hasil bahwa marketing, periklanan, dan sponsoring memiliki bagian sendiri diluar corporation communication.

Antv sendiri memiliki head corporation communication membawahi external supervisor dan internal supervisor. Tugas dari external supervisor adalah memberi image positive bagi masyarakat luas. External supervisor mengawasi perkembangan kabar atau isu perusahaan dari luar. Dalam hal ini seluruh pencitraan stasiun televise Antv dimasyarakat dibebankan pada external supervisor. Tugas lain dari external supervisor adalah mensosialisasikan kebijakan perusahaan kepada public, menjelaskan hasil rapat umum perusahaan, dan mensosialisasikan prestasi yang dicapai oleh Antv

Sedangkan iIntenal supervisor mangawasi perkembangan dalam perusahaan dari bawahan ke atasan. Mengkomunikasikan kebijakan direksidan menejemenpada perusahaan, menjelaskan perubahan kebijakan direksidan menejemen agar karyawan memahami dasar pengambilan keputusan yang diambil, membantu meningkatkan rasa memiliki karyawan pada perusahaan, dan membantu terciptanya budaya perusahaan sesuai dengan visi organisasi.

Humas Antv menangani sendiri jika ada permasalahan krisis, audio visual pun masalah internal. Humas Antv tidak memiliki konsultan humas. Segala permasalahan dipecahkan oleh bagian humas itu sendiri. Adapun mengenai anggaran humas, anggaran humas Antv merupakan rahasia perusahaan yang tidak dapat dipublikasikan.

ANALISIS

Seseorang harus memiliki kemampuan membina hubungan secara pribadi jika ingin menjadi PR/humas. Hal ini tidak seluruhnya salah tetapi bukan itu saja tugas dari seorang PR, secara turun temurun, fungsi humas dapat digambarkan sebagai pengontrol publik, mengarahkan apa yang dipikirkan atau dilakukan oleh orang lain dalam rangka memuaskan kebutuhan organisasi, merespon publik, mereaksi pengembangan, masalah, mencapai hubungan yang saling menguntungkan antara publiknya melalui hubungan yang harmonis.

Fungsi ini dekat dengan model humas yang dipaparkan oleh Grunig dan Hunt (1994) yaitu the press agentry/publicity model; the public information model; the two way asymmetric model; the two way symmetric model. Secara detail mengenai model tersebut adalah sebagai berikut: Pada sejarah perkembangan konsep model Public Relations tampak bahwa pada mulanya menurut Erc Goldman dalam Grunig menyebutkan bahwa Public Relations diawali dengan the public be fooled era atau press agentry dan public be informed atau public information era.

Pada awalnya Grunig mengadopsi ide ini tetapi mengelaborasinya dengan menambahkan mengenai tujuan dan arah komunikasi . Grunig mengadopsi ide Thayer mengenai synchronic dan diachronic communicationuntuk menggambarkan dua pendekatan dalam public relations.

Tujuan dari komunikasi sinkronis (synchronic communication) adalah mensikronisasi perilaku publik terhadap organisasi sehingga organisasi dapat melakukan apa yang diinginkan tanpa campur tangan dari publiknya. Tujuan dari komunikasi diakronik adalah untuk menegosiasikan kebutuhan antara organisasi dengan publiknya. Pada akhirnya Grunig mengganti istilah synchronic dan diakronik dengan assymetrical dan symetrical communication.

Antv juga menggunakan istilah supervisor external dan internal dalam bagian humasnya. Kita telah mempelajari bahwa dalam sebuah perusahaan munculnya konflik-konflik atau benturan-benturan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Hal-hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya komunikasi, ketidakprofesionalan, dan tidak disiplinnya dalam bekerja.

Menurut Philip lesly, dalam bukunya Everything You Wanted To Know Abaut Public relation, ketika suatu perusahaan mengalami krisis, mengatakan bahwa salah satu hal yang menyebabkan krisis dalam perusahaan adalah adanya rumor jelek tentang perusahaan tersebut. Maka salah satu tugas humas dalam Antv adalah menjaga hubungan yang baik sesama humas stasiun televisi.

Telah dipaparkan diatas bahwa Antv tidak memiliki konsultan humas khusus, padahal jika kita telaah, Antv adalah salah satu stasiun televisi cukup besar di Indonesia, konsultan PR/humas diperlukan karena mereka dapat berkolaborasi dengan manajer lain untuk mendefinisikan dan memecahkan masalah. Mereka menjadi bagian dalam manajemen stratejik perusahaan. Bergabung dengan konsultan mulai dari awal direncanakan program hingga evaluasinya. Membantu manajemen menerapkan PR/humas sebagai tahapan fungsi manajemen yang sama dengan kegiatan manajemen yang lain.

PR/humas berfungsi sebagai bagian penting penganalisis situasi, memiliki peran yang intens dalam pengembangan prosedur, kebijakan, produk dan aksi perusahaan. Mereka juga memiliki power mengubah sesuatu yang seharusnya diubah. Mereka harus terlibat dalam segala bentuk perubahan organisasi.

Melalui peran ini mereka menjadi paham spirit setiap program baik motivasi maupun tujuan mengapa program harus dilaksanakan, mereka mensupport perubahan strategis organisasi, keputusan yang sifatnya taktis dan memiliki komitmen pada perubahan dan mampu menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan program.

Pada dasarnya aktifitas PR meliputi:

  1. Komunikasi: pertukaran ide, pendapat atau pesan melalui visual, lisan atau tulisan

  2. Publisitas: diseminasi pesan yang terencana melalui media tertentu, tanpa bayaran, untuk meningkatkan minat terhadap perusahaan/organisasi

  3. Promosi: aktifitas mengkreasi atau menstimulasi perhatian terhadap produk, orang, organisasi atau kasus.

  4. Press agentry: melalui soft news stories

  5. Integrated marketing: fungsi PR pendukung pemasran, tujuan beriklan sebuah organisasi

  6. Manajemen Isue: identifikasi, memonitor aksi publik atau reaksi publik terhadap organisasi

  7. Manajemen krisis: menghadapi krisis, bencana atau kegiatan negatif yang tidak terencana dan memaksimal ekses positif yang dapat diraih

  8. Public Information offcer: sebagai penghubung antara lembaga pemerintah, dan media

  9. Public Affairs/lobbyist: bekerja mewakili perusahaan untuk menghadapi politisi, perangkat pemerintah yang berperan menetukan kebijakan dan undang-undang untuk mempertahankan statusquo atau mengubahnya.

  10. Financial Relations: menghadapi dan mengkomunikasikan informasi kepada pemegang saham atau masyarakat pemodal

  11. Community Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan antara organisasi dan masyarakat

  12. Internal Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan orang – orang yang berada dan memilki hubungan di dalam organisasi

  13. Industry Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan atau atas nama perusahaan dengan industri

  14. Minority Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan group minoritas dan individual

  15. Media Relations: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan media

  16. Public Diplomacy: memantapkan dan meningkatkan hubungan untuk membuka jalur perdagangan, pariwisata dan kerjasama antar negara

  17. Event management: menyiapkan, merencanakan, melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam suatu waktu

  18. Sponsorship: menawarkan atau menerima bantuan dana dengan imbalan public exposure

  19. Cause/Relationship marketing: memantapkan dan meningkatkan hubungan dengan konsumen

  20. Fund Raising: memantapkan dan meningkatkan hubungan atas nama sektor non profit untuk mendorong terkumpulnya dana serta bantuan

PENUTUP

Alhamdulillah segala puji bagi Allah karena atas rahmat-Nya lah laporan hasil observasi public relations ini selesai. Dapat disimpulkan bahwa segala yang telah di teory kan dalam perkuliahan tidak harus dikerjakan dalam dunia kerja. Cukup mengkondisikan dalam penempatannya. Contoh kasus adalah konsultan PR/humas. Tidak semua PR/humas perusahaan menggunakan jasa konsultan.

Dari hari ke hari PR di Indonesia mulai berkembang seiring dengan perkembangan PR di dunia atau Asia. Menurut Rhenald Kasali dalam bukunya Manajemen PR disebutkan bahwa Public Relations digunakan untuk kepentingan usaha dalam bentuk seperti Olimpiade Korea Selatan, Glassnot Perestroika, Kasus Lemak Babi 1988,dll. Olimpiade yang diselenggarakan oleh tuan rumah Korea Selatan di tahun 1988 menggunakan salah satu jasa konsultan PR. Olimpiade adalah suatu event international yang waktu ini masih sangat greget dimana seluruh perhatian orang tertuju ke sana. Sebagai tuan rumah Korea Selatan ingin bangkit menunjukkan eksitensi dirinya yang memang salah satu keinginannya adalah membuka pasar di dunia untuk memasarakan produk – produknya.

Glasnost dan Perestroika merupakan kampanye PR dalam karya politik sebuah negara. Untuk mengubah negaranya, Michael Gorbachev melontarkan konsep ini untuk mengubah persepsi dunia tentang Uni Soviet dan membuka bangsanya bagi dunia luar.

Kasus – kasus tersebut adalah kasus – kasus yang terjadi hampir 20 tahun yang lalu. Sementara ini masih hangat di tahun 2000 an pada saat negara – negara di Asia terjadi krisis SARS, Hongkong dan Singapura menangani khusus pemulihan citra wisata negaranya dengan menyewa seorang konsultan PR.

Dari kasus – kasus yang ada sebetulnya tampak bahwa PR adalah sebuah fungsi komunikasi yang terencana, tetapi memang kenyataannya masih banyak salah pandang mengenai hal ini. Laporan ini mungkin akan membuka mata kita tentang apa itu PR, fungsi PR, dan tujuan adanya public relations.

About these ads
Ditulis dalam Uncategorized. Komentar Dimatikan
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 456 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: