Selamat Hari Kebangkitan Nasional

kebangkitanSebelum menulis di sini, gue gak paham apa sih yang dimaksud Hari Kebangkitan Nasional. Kalau gue peringatin 17 Agustus, berati Indonesia Merdeka. Kalau Hari Kartini, doi pembawa emansipasi wanita. Nah kalau Hari Kebangkitan?

Karena penasaran, gue coba googling apa sih makna dari Hari Kebangkitan Nasional. yah emang gue-nya aja kali ya yang cupu, tapi gue yakin, 80 persen anak muda sekarang, gak paham makna Hari Kebangkitan Nasional. Mereka lebih paham CJR*, Syahrini*, atau Tau Ming Se* (Ps: sebenernya itu hal-hal yang gue tau). Ternyata, Hari Kebangkitan Nasional mempunyai hubungan erat dengan Organisasi Boedi Oetomo.

Hari Kebangkitan Nasional adalah hari untuk memperingati berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Jadi, tahun ini, kita merayakan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 tahun. Lama juga yah…

Boedi Oetomo merupakan organisasi pemuda yang digaungkan beberapa orang politikus pada tahun 1908. Pendirinya bernama Dr. Soetomo. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa (wikipedia).

Dari Organisasi kepemudaan itulah, makanya hari ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan nasional.

Selamat Merayakan Hari Kebangkitan Nasional, Anak Muda!!