Siapa yang Salah? Apa Ada yang Salah?

Video di atas merupakan salah satu campaign di Singapura. Terdapat perdebatan dalam campaign ini. Bisa dibilang, kontroversial kali yah.

  1. Tema Campaign #OnedayOff untuk asisten rumah tangga. Di Malaysia dan Singapura, beberapa ormas sedang gencar mengangkat masalah hak asisten rumah tangga agar mempunyai waktu untuk beristirahat. Tapi nyatanya, mereka lebih senang tetap bekerja dan mendapatkan uang lembur untuk tambahan kirim uang kepada keluarga di kampung atau negara lain
  2. Campaign ini menyinggung tentang ibu stay di rumah dan ibu bekerja. Untuk masalah ini, kita gak bisa kedua peran berbeda dari seorang ibu. Toh masih banyak juga ibu yang tidak bekerja tetapi mempunyai asisten rumah tangga untuk menjaga anak mereka. Atau ibu bekerja tetapi masih mengurus segala kebutuhan anak dan keluarga.
  3. Lebih jauh sih. Masalah gender. kalau ada perbandingan antara babbysitter dan ibu, lalu ayahnya kemana? Apakah mengurus anak sepenuhnya kewajiban perempuan? Apakah porsi mendidik anak diserahkan sepenuhnya kepada wanita?

Yah begitu deh kalau mau bikin campaign yang oke. Dilihat dari hal sekitar dulu, yang kadang mungkin sering terlewat karena terlalu bias. Masalah kontroversial, itu bisa-bisaan marketingnya aja supaya campaignnya gede. Black and white campaign. Kali.