Pertemuan dua belas

Brett-Zalaski-12“Apakah pertemuan 13 akan ada?” Itu pertanyaan yang dia ajukan saat kita ketemu untuk terakhir kalinya.

Pertengahan 2008 lalu, gue kenal dengan orang asing yang sebelumnya memang gue ga tau sama sekali dengan dia. Sebut aja namanya Andi. Pertemuan gue sama dia juga berawal dengan hal yang bener-bener ga penting. Cuma karena dikenalin temen via hp, akhirnya kita ketemu, dan terciptalah persahabatan yang super duper awet (Maklum jaman dulu masih blm trlalu banyak yg pake hp, jd penjahat rebek belum berkeliaran).

Andi kenal gue dari buku kenangan waktu gue pergi ke Pare, Jawa Timur untuk les bahasa inggris. Sepulang dr pare, dia hubungin gue. Katanya dia tahu nomor gue dr buku cendramata tempat gue les dulu. Buku itu pun bukan punya dia, tp punya temen kampusnya yg kebetulan satu institusi di sana. Continue reading

Sepatu Biru dan pink

http://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photo-two-pairs-baby-boy-girl-shoes-closeup-cute-pink-blue-isolated-white-background-image31231685

Sepatu gue berwarna biru. Bukan sepatu mahal dan bukan sepatu gaya. Ini hanya sepatu kets yang biasa gue pake kalau bepergian kemana-mana. Waktu masih kerja sebagai wartawan, sepatu ini membantu banget mobilitas gue. Dia menjaga kaki gue dari panasnya terik matahari. Sepatu hanya sepatu, tapi sepatu yang menentukan kemana kita akan pergi.

Dulu gue pernah nonton film korea. Ada sedikit kutipan yang masih gue inget. “Sepatumu yang menentukan kemana kamu akan pergi.” Intinya sih, kalau lu pake sepatu hi hils atau wedges, lu pasti pergi ke tempat-tempat bersih dan rapi. Mungkin ke acara pernikahan, kantor, hotel bintang lima, atau restoran mewah. Sedangkan kalau lu pake sendal jepit, alas kaki itu akan membawa lu ke tempat yang memang pantas di datangi sandal jepit. Misalnya kamar mandi, sawah, empang, ya begitu lah. Continue reading

Perjalanan nekat Dieng

20130602_150518

Sekarang tanggal 5 Juli 2013 pukul 01.31 wib. Sejak buat blog ini karena tugas kuliah, gw ga pernah posting tulisan lagi. Tapi kali ini, gue mau cerita sedikut tentang perjalanan nekat setelah resign dari Kompas.com.

Gue resign dari kantor tanggal 31 Mei 2013. Sehari kemudian, tepatnya, Sabtu, 1 Juni 2013 sekitar pukul 12.30, Wahyu, temen kampus gue ngajak jalan ke Dieng, Wonosobo. Tanpa mikir panjang, gue terima ajakan backpacker dadakan dan langsung berangkat sekitar pukul 14.00 wib. Continue reading

psikologi pesan komunikasi

  1. Print

    Psikologi Pesan

Manusia mengucapkan kata-kata dan kalimat dengan cara-cara tertentu. Setiap cara berkata memberikan maksud tersendiri. Cara-cara ini kita sebut pesan paralinguistic. Tetapi manusia juga menyampaikan pesan dengan cara-cara lain selain dengan dengan bahasa, misalnya dengan isyarat; ini kita sebut pesan ekstralinguistik. Kita akan membicarakan pesan linguistic dengan menguraikan ihwal bahasa, hubungan bahasa dengan persepsi dan berfikir, makna dan teori general sematic dari Korzyski yang menganalisa proses penyandian (encoding). Pesan paralinguistic dan pesan ekstralinguistik akan kita uraikan dalam satu bagian yang kita sebut saja pesan nonverbal. Continue reading

variabel dan fokus penelitian

psikologi-komunikasiDalam pembuatan rancangan pelaksanaan penelitian baik untuk pengajuan judul skripsi atau proposal, menguraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara sistematis dalam rangka menjawab tujuan penelitian sangatlah penting supaya pembaca atau penilai menjadi jelas saat membaca tulisan yang disajikan oleh pengarang. Rancangan pelaksanaan penelitian meliputi proses membuat percobaan ataupun pengamatan serta memilih pengukuran variabel, prosedur dan teknik sampling, instrumen, pengumpulan data, analisis data yang terkumpul, dan pelaporan hasil penelitian. Continue reading